Bisakah Kopi Mampu Menurunkan Persentase Diabetes Pada Wanita? Begini Hasil Survei


Bisakah Kopi Mampu Menurunkan Persentase Diabetes Pada Wanita? Begini Hasil Survei
Pixabay
Ilustrasi

Dalam studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition itu, para peneliti mengamati lebih dari 4.500 peserta wanita yang didominasi kulit putih yang memiliki riwayat diabetes gestasional, selama lebih dari 25 tahun, dan memeriksa hubungan konsumsi kopi jangka panjang dengan risiko diabetes tipe 2 selanjutnya.

Wanita yang minum satu cangkir kopi berkafein, dua hingga tiga cangkir, dan empat cangkir atau lebih sehari, risiko diabetes tipe 2-nya berkurang masing-masing 10 persen, 17 persen, dan 53 persen.

"Sejauh ini, keseluruhan temuan menunjukkan kopi berkafein, bila dikonsumsi dengan benar (dua hingga lima cangkir per hari, tanpa gula dan produk susu berlemak/tinggi lemak), dapat dimasukkan ke dalam gaya hidup yang relatif sehat untuk populasi tertentu," catat Profesor Zhang dikutip dari antara, Minggu (18/12/2022).

Penulis studi Dr Jiaxi Yang mengatakan, manfaat kesehatan kopi bervariasi dan sangat bergantung pada jenis dan jumlah tambahan seperti gula dan susu.

Namun, kekhawatiran harus diberikan ketika kopi diminum dalam jumlah berlebihan. Perlu ditekankan juga bahwa kelompok tertentu harus berhati-hati dalam meminum kopi. Tidak banyak yang diketahui tentang efek kopi pada kehamilan, janin, dan anak-anak.

Penulis
: Nata
Editor
: Nata

Tag: