Belenggu Pelayan Berita Kian Terkikis

Dewan Pers & Edukasi

Belenggu Pelayan Berita Kian Terkikis
Ketua PWI dan SPS Sumut H Farianda Putra Sinik bersama Dedi peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) berpoto usai pelaksanaan UKW di Hotel Madani Medan

jaringberita.com -MEMANG segala sesuatu itu diawali dengan niat. Seperti sebuah hadist Nabi Muhammad Rasullullah SAW. (HR Bukhari dan Muslim). "Innamal a'malu binniyat' yang artinya 'sesungguhnya segala perbuatan itu bergantung pada niatnya.'

Begitujuga dengan sosok seorang jurnalis satu ini. Bg Donald, panggilan akrab lelaki paruh baya bernama lengkap Donald Kristian kepada Dedi dari MATATELINGA.COM grup jaringberita.com dalam bincang-bincang seputaran 'Dewan Pers dan Belenggu Pelayan Berita' di Hotel Madani Medan.

Memang tidak mudah, tapi juga tidak sulit. Awalnya Kristian ingin sekali menyatakan kalau kemerdekaan seseorang itu dalam mengeksplore suatu kejadian ataupun persoalan dalam sebuah karya tulisan.

"Awalnya saya terjun itu ingin melihat, bagaimana sisi jiwa seorang wartawan itu yang lebih mengepentingkan masyarakat umum dalam hal pemberian pemberitaan ataupun edukasi dengan mengesampingkan kepentingan pribadinya,"ujar Donald mengawali perbincangan pada Selasa (1/11/2022) lalu saat bersama mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Itulah awal permula Donald masuk ke dunia jurnalistik dan merupakan suatu kebanggan kepadanya yang kini berkiprah dalam mengedukasi masyarakat di sebuah media harian kriminal.

Menurut lelaki murah senyum itu, bahwasannya wartawan merupakan suatu pemberita kepada masyarakat sehingga masyarakat mengetahui lebih luas dalam sesuatu kondisi, baik itu di lingkungannya maupun di tempat lain.


Tag: